Rabu, 28 November 2018

TIPE-TIPE PENGGUNA MEDIA SOSIAL.



Arus globalisasi telah mendorong perkembangan dalam dunia komunikasi sering dengan kemajuan teknologi informasi.  Persepsi dan cara masyarakat-pun ikut berubah  dengan tuntutan hidup bahwa media komunikasi sangat penting pada masa kini. Alhasil  terjadi suatu revolusi besar dalam perkembangan teknologi komunikasi. 
Hal tersebut ditandai dengan banyaknya aplikasi media komunikasi yang digunakan dalam proses berkomunikasi sehingga dikenal social media.

Hanya dalam satu genggaman orang sudah bisa saling berkomunikasi baik itu dalam bentuk tulisan, suara maupun video. Kemudian aksesnyapun sudah menyasar hingga di belahan bumi manapun dan terhubung satu sama lain.
Awal mula kehadirannya hanya untuk menjalin pertemanan namun saat ini ara pengguna social media bisa menyampaikan segala tetek bengek yang ada dibenaknya. Nitizen bisa bercerita berbagai hal seperti kepentingan pribadi, ekonomi dan bisnis, politik, hukum serta berbagi informasi dan fenomena kehidupan lainnha. Hanya dalam hitungan detik  orang sudah bisa saling mengetahui informasi terbaru bahkan keadaan seseorangpun bisa dilihat.
Seiring dengan eskalasi media sosial yang sudah merambah seantero bumi dengan berbagai tujuannya, maka sudah banyak pihak-pihak menjajaki tipe-tipe para penggunanya. Sehingga dalam tulisan ini kami mencoba menilik tipe-tipe neters social media.
1.    Tipe Pasif.
Orang dengan tipe ini ingin merubah pandangan bahwa dia bukan orang kuper dan ketinggalam zaman. Namun akun socmed-nya jarang aktif. Kalaupun aktif hanya sebentar dan sekedar melihat apa yang diposting oleh jejaringnya.
2.    Tipe Normalis.
Neters tipe ini menggunakan socmed seadanya, update dan komentar seperlunya dan aktif  hanya pada waktu-waktu tertentu.
3. Tipe Peepers
Neters tipe ini dapat dikatakan tipe pengintip. Akunnya aktif namun hanya sekedar melihat dan mengintip perkembangan terbaru dari jejaringnya. Jika ada postingan yang mengarah ke suatu situs, jangankan menekan tuts untuk membaca isi postingan pada situs yang dishare, untuk like-pun tidak.
4.  Tipe Likers
Neters tipe ini hampir sama dengan tipe Peepers namun yang membedakannya hanya dia tukang obral like. Jika ada perkembangan di wall medsosnya tentu ia merupakan salah satu orang yang like. Kalaupun berkomentar  kalimatnya pendek dan bisa juga hanya satu kata.

BACA JUGA : ETIKA BERMEDIA SOSIAL; BAGI ORANG ENDE PIKI NE OTE TIMBA NE ATE
5. Tipe Ekspresif
Mungkin tipe ini dapat dikatakan sebagai pemain socmed atau socmedkolik. Orang tipe sangat intens dalam berselancar di media sosial. Mereka sering mengupdate status dan bahkan dalam rentang waktu yang tidak lama ada postingan terbaru. Setiap kejadian dan isi yang ada di benaknya akan dinaikan dalam socmed. Aktif berkomentar dan  membalas jika ada jejaringnya yang berkomentar pada isi statusnya.
6.  Tipe Baper.
Orang tipe ini adalah serba terbawa perasaan. Segala keluh kesah dan isi hatinya entah itu susah, senang, rasa kesal, ketidaksukaan dan bahkan sampai umpatan dengan kata-kata yang sadis diposting dalam medsos.
7. Tipe Narcissictic
Tipe ini adalah orang yang hobi narsis. Segala aktifitasnya diabadikan dalam gambar kemudian diposting dalam medsos. Mau makan posting, makan enak juga posting, sudah kenyang juga posting, mau tidur juga posting beruntung mau be’ol jarang ada yang posting.
8.   Tipe Haters
Tipe ini yang kerap membahayakan. Akunnya kadang asli namun terbanyak adalah  akun palsu. Ia memanfaatkan medsos untuk menebarkan ragam isu. Ia bisa menjadi provoktor, hoaxer maupun pembuly. Isi postingannya kadang booming dan selalu dishare.
9. Tipe Bisnisman
Orang yang memiliki akun ini sering menjadikan akunnya untuk berbisnis seperti jual beli online. Isinya postingannya tidak jauh dari bisnis. Mereka benar-benar memanfaatkan akun dan jejaringnya untuk sarana bisnis.
10.   Tipe Bijak Religius.
Neters ini sering mempost hal-hal yang berkaitan dengan kebajikan, nasihat, kalimat-kalimat bijak.
11.   Tipe Mixture
Tipe mixture merupakan orang yang bertipe campuran  dalam akunnya kadang muncul dengan postingan  bijak, kadang bisnis, kadang baper, kadang ekspresif kadang juga menjadi likers maupun peepers. Akunnya selalu aktif dan mengikuti perkembangan dari jejaringnya. Ia menggunakan aksinya untuk hal-hal positif dan mengajak orang lain untuk berkembang. 

 Itulah beberapa tipe neters social media yang terekam dari aktifitasnya. Memang ada banyak  pihak yang membagi tipe-tipe pengguna media sosial. Namun setidaknya ini bisa menjadi referensi. 

Nah…kira-kira anda berada pada tipe yang mana.





2 komentar:

  1. Saya masuk dalam tipe narsis dan Baper hahahaha 😁😁😁

    BalasHapus
  2. Ha..ha.kayaknya encim tak masuk dalam tipe-tipe di atas. Mgkin sy hrus tambah lagi beberapa tipe ni.

    BalasHapus