Sabtu, 29 Juni 2019

BUDAYA MINUM AIR PANAS DAN TRADISI BELIS PADA MASYARAKAT ADAT NDONA-ENDE NTT


Halo semuanya jumpa lagi bersama atahanua media chanel. Di edisi kali ini kami mengangkat sebuah tema tentang tradisi belis pada masyarakat adat ndona yang dikenal dengan Mbabho buku
Sebagaimana tradisi pra pernikahan yang ada di daerah lain, pada masyarakat adat ndona Mbabho Buku atau bicara belis merupakan suatu tradisi pra pernikahan yang sudah ada pada masyarakat adat ndona dan sudah diwariskan secara turun temurun.

Pada moment ini perwakilan keluarga dari pihak calon pengantin laki-laki dan pihak keluarga calon mempelai perempuan beserta pemuka adat akan saling bertemu dan bernegosiasi tentang besaran belis yang wajib di serahkan oleh calon mempelai pria kepada keluarga calon mempelai wanita yang dimediasi oleh pemuka adat.

Disini akan terjadi proses tawar menawar dan jika nilai uang/ jumlah barang diterima oleh keluarga wanita maka pihak laki-laki akan menyerahkannya sesuai nilai yang disepakati. Dan jika keluarga pria belum mampu memberikannya maka ia dapat memberikannya dikemudian hari pada ruang, waktu dan moment yang lain.

Tradisi ini bukan merupakan suatu proses jual beli seorang anak manusia. Tradisi mbabho buku adalahi bentuk penghargaan dari calon mempelai pria dan keluarganya terhadap calon mempelai wanita. Nilai pengahrgaan terhadap seorang wanita bukanlah dari segi barang besaran uang yamg diserahkan namun pada nilai sosial budaya dan prestise seorang wanita karena ia akan memasuki bahtera rumah tangga dengan beban tangung jawab cukup besar dan akan berbakti kepada suami dan keluarga barunya.

Sebagai suatu kearifan lokal tradisi ini  juga mengikuti perkembangan zaman sehingga proses tawar menawar dan  kebijakan dari keluarga dan pemuka adat meerupakan aspek sosial yang dipertahankan hingga saat ini.
Dalam video kali ini kami akan memaparkan salah satu moment dan sekilas tentang  tradisi mbabho buku atau negosisasi belis yang ada di masyarakat ndona.
Oke tonton video ini hingga usai dan jangan like, and subscribe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar