Kamis, 06 Desember 2018

BLOG DAN KERTAS USANG





Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...
Halo pengunjung athanua media blog, kata orang belajar memang tak kenal batas usia, ruang dan waktu. Kapanpun dan dimanapun, semua kita jika punya tekad untuk belajar maka akan menemui jalan dan akan indah pada waktunya.

Ini adalah sekelumit kisahku di alam bloging. Meskipun uraiannya jatuh bangun dan jauh dari standar penulisan tapi saya ingin berbagi kepada pembaca sekalian.  Ya, siapa tahu bermanfaat.
Sekitar tahun 2015 bermula dari rasa ingin tahu tentang blog, saya mencoba membaca literatur-literatur di bang google. Penasaran dengan setiap tips dan trik maka secara otodidak saya mencoba membuat blog dengan dua platform yaitu WP dan BS. Meskipun masih dalam tahap mencoba-coba, tapi dua akun sama-sama aktif. Nalar untuk menulispun menari-nari walau jatuh bangun. Tapi motivasi saya hanya ingin berliterasi dengan menuangkan ide, memaparkan potensi sosial budaya, serta segala fenomena hidup dan kehidupan. Ya, boleh dikatakan asal omong dan asal nulis, tapi bukan asal-asalan loh.

Belum ada niat untuk komersil ataupun mengikuti bisnis-bisnis yang sering wara-wiri di situs-situs web atau blog. Apalagi pengetahuan untuk itu masih sangat minim sehingga pilihan menuangkan budaya literasi itu lebih baik. 
Memang sih banyak peluang  terbuka lebar untuk memperoleh reward  dari blog. Tapi ada ketakutan karena pernah mengalami hal yang mengecewakan. 

Di suatu waktu dalam  ketidaktahuan, akun blog saya yang berplatform BS  dilock dan dibanned. Saya sempat bingung bercampur kecewa,  “ada apa sebenarnya?”. Mulailah mencari-cari jawaban dan ternyata saya melanggar standar yang ditetapkan. Akhirnya saya memilih out dari BS. Memang banyak tips-tips sebagai solusi agar bisa berselancar kembali di BS. Tapi sudahlah, saya memilih untuk mundur dan masih memiliki satu lagi akun di WP.

Sejak saat itu aktifitas ngeblog terfokus di platform WP. Beberapa tulisan ternyata bermanfaat karena ada yang memohon untuk dijadikan literatur makalah, skripsi, hingga tesis doktoral maupun keperluan riset walau dalam skala lokal. Saya sendiri merasa heran, padahal tulisannya dapat dikatakan asal nulis apalagi  jika ditilik dari standar penulisan masih jauh dari harapan. Tapi Alhamdulillah karena bisa berguna bagi orang lain.

Dipertengahan tahun 2016 hambatan mulai datang. Rutinitas pokok dan seabrek kegiatan yang padat membuat saya tak lagi peduli menulis di blog.  Beberapa tulisan dan karya mulai terlihat nampang disitus-situs lain yang diambil tanpa sepengetahuan saya. Ada juga yang copas ke akun-akun facebook namun saya biarkan saja karena masih ada sebagian yang mencantumkan sumber situsnya.

Mentor KBO -Tuteh Pharmnatara 
Hingga dipenghujung tahun 2016 saya seperti orang linglung yang lupa sama jalan pulang ke rumah. Ketika ingin  berselancar kembali, ternyata memori otak mulai melemah. Data akun sudah tidak diingat. Bongkar-bangkir disetiap file dan dokumen, mencari data akun namun tidak ditemukan. Kali ini rasa putus asa dan kecewa kembali  menghinggapi diri saya dan sayapun sudah tidak mau mempedulikan lagi yang namanya ngeblog. Sehingga untuk mengekspresikan isi otak terpaksa sesekali dituangkan pada medsos. Namun ada teman baik yang terus mensuport saya untuk kembali berselancar di blog.

Alhamdulillah,  diawal bulan oktober  2018, secara tidak sengaja, dalam selembar kertas usang yang selama ini tidak saya perhatikan ternyata masih tersimpan data-data akun di WP. Seperti orang yang mendapatkan sebuah kabar gembira atau hadiah besar, saya berteriak kegirangan. Semangatpun kembali muncul dan otak seperti kembali dicas full. Hari itu juga  saya langsung memulai berselancar lagi di WP.
Tapi rasa  penasaran dengan platform BS kembali muncul. Utak-atik sana sini dengan membaca tips dan trik di bang google namun tetap saja saya masih pesimis dan belum yakin. Jangan-jangan nanti kembali dibanned.

Namun rasa ingin  tahu lebih besar dari pada rasa pesimis. Faktor inilah yang mendorong saya untuk berdiskusi dengan teman yang lebih memahami tentang BS. Teman yang menurut saya tidak hanya baik tapi juga hebat dengan ragam aktfitasnya yang bermanfaat. Ya, dialah the yellow president Tuteh Pharmantara yang sesekali saya sapa Encim. Selain sebagai aktivis multitalent dia juga sebagai mentor di kelas bloging online. Orang  yang selalu mensuport teman-temannya untuk terus berliterasi.  Akhirnya karena motivasi dan spirit “kreasi tanpa batas” sayapun mengajukan diri untuk bergabung di kelas bloging online.

Di KBO,  meskipun saya belum lama  bergabung namun  banyak pengetahuan dalam dunia bloging terkhusus di blogspot. Mengenal mentor-mentor hebat  seperti Bung Bisot, Anazkia dan juga Tuteh. Kemudian juga sesama peserta kelas bloging yang berasal dari beberapa daerah di Negeri ini. Ada Dees, Badriyahtusabilah, DewiDeAn,  Maya D.P Paath, DiaKp, Iskandar,  serta kawan-kawan lainnya. Ya, saya mendapat dua keuntungan di kelas bloging ini yaitu pengetahuan dan  jaringan pertemanan. Kami semua boleh dikatakan disuntik dengan suplemen BTA. Maaf, bukan suplemen untuk mengobati  Basil Tahan Asam ya. Tapi suplemen bloging Bisot, Tuteh, Anazkia. Ketiga-tiganya tak pernah jenuh untuk mengedukasi peserta dengan ramuan jamu BTA-nya. Siang malam tetap berbagi, berdiskusi,  dan memberikan materi-materi yang mudah dimengerti. Ya boleh dikatakan disini kami belajar dan memperdalam tentang dunia blog. Karena ada kata bijak “belajar jika tanpa diajar maka bisa kebablasan,  berguru jika tanpa guru bisa terjerumus”.

Terima kasih semuanya untuk mentor-mentor hebat, terima kasih juga untuk semua teman sesama peserta yang saling berbagi dan saling mensuport. Setidaknya di KBO kita saling mengenal dan menjadi saudara meskipun di alam maya.
Wassalam

BY : IKSAN D


13 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Ayo pak menulis lagi, banyak orang yang ingin mengetahui opini dari orang-orang biasa seperti kita. Apa adanya kita tulis, biarkan mereka yang menilai.

    BalasHapus
  3. Tetap semangat..
    Bagi juga ilmunya..
    Terimakasih.

    BalasHapus
  4. Luarbiasa, Pak. Senang bekenalanan dengan bapak dan tempat cuap-cuap ini. 😊

    BalasHapus
  5. Sama-sama dan Alhamdulillah bisa saling berbagi walau hny di alam maya

    BalasHapus
  6. Tulisan yang sangat menginspirasi, apalagi ada foto saya di atas wakakakak *digampar* :D Iya om, kita di KBO saling berbagi. Tidak selamanya juga yang dijuluki mentor itu yang paling tahu, sama-sama belajar pokoknya. Semangat terus, om!

    BalasHapus
  7. Karena rasa ingin tahu lebih besar dari rasa pesimis, itu asik banget untuk jadi motivasi bahwa hidup nggak selalu mudah. Semangat selalu untuk menginspirasi banyak orang. Semangat 👍👍

    BalasHapus
  8. https://dewibsmproperty.blogspot.com/
    https://www.facebook.com/bsm.property.77
    https://www.instagram.com/dewi.bsmproperty/
    https://www.jualo.com/profile/iklan
    https://www.olx.co.id/myads
    https://www.linkedin.com/in/bsm-property-dewi-b67112209/
    http://iklanmart.com/iklan/jual-rumah-murah-jauh-dari-pusat-kota-tangerang-081977000899-dewi.html
    https://sites.google.com/d/11AIDNcnPl9snxZGYdYS0RtKFDmfK8bYY/p/1Gzo7UhVzqGQST9TVAxrJzH1gmM_xa7BJ/edit
    https://bsmpropertyjakarta.wordpress.com/2021/05/10/du-jual-tanah-kosong-dari-tangan-pertama-tangerang-081977000899-dewi/
    https://id.pinterest.com/dewibsmproperty/_saved/

    BalasHapus

  9. Britania Bekasi Hunian gaya Eropa harga 200jutaan
    Harga cash keras Rp 298 juta
    bebas banjir
    Rumah full bata merah Double dinding telah sold 800 unit
    Terdapat kolam ,taman dan joging track Free Biaya BPHTB,AJB,IMB.Listrik dan subsidi KPR 12-24,5jta

    Hubungi untuk survey Lokasi
    Ayu 081318601317

    Dp 17 Jutaan
    Cicilan 3juta /bulan
    Dp bisa dicicil selama 6-12 x

    KPR available :
    BRI,BTN,BCA,BSI,BNI

    bekasi rasa eropa rumah 200jutaan paling laris Britania bekasi

    #rumahmewah #britaniabekasi #hargarumahbekasi #rumahmurahdibekasi #propertybekasi #hargapropertybekasi #jualrumahtangerang

    https://bsmpropertytangerang.blogspot.com/
    https://twitter.com/PropertyTng
    https://www.instagram.com/sewapropertymurah/
    https://www.facebook.com/Properti-tangerang-110156497801428
    https://www.youtube.com/watch?v=sr1QbOxkmfE


    BalasHapus