Jumat, 07 Desember 2018

OBYEK TANPA EVEN HANYA SEBUAH ORNAMEN

Senja di Puncak Ndona- Ende Flores NTT

“Obyek Tanpa Event Hanya Akan menjadi Ornamen”. Itulah Kalimat yang sering  diperdengarkan oleh Bupati Ende, Ir. Marselinus Y.W. Petu dalam beberapa kesempatan. Kalimat yang terangkai indah bak kata-kata puitis namun maknanya dalam.
Ya, mungkin bagi sebagian kalimat tersebut hanyalah sekedar orasi maupun retorika dari seorang Pimpinan Daerah. Namun mari kita sejenak kita cerna kalimat tersebut. Terdapat tiga kata kuncinya yaitu obyek, event dan ornamen.
Obyek dapat dikatakan sebagai sebuah nomina atau  sebuah kata benda yang menunjukan suatu eksistensi, seperti orang, tempat, barang ataupun semua hal yang berhubungan dengan benda.
Senja Di Puncak Ndona Ende NTT
Sementara Event memiliki ragam makna. Namun jika diartikan dengan pengertian yang sederhana, event sering diartikan sebagai suatu acara, kegiatan atau pagelaran. Sedangkan ornament bisa juga diartikan sebagai suatu hiasan, pajangan atau sesuatu yang berbau dekoratif.

Terlepas dari ketiga pengertian tersebut, disini kita bisa memaknainya bahwa, segala obyek yang merupakan suatu potensi, namun jika tidak diberdayakan atau dimanfaatkan,  maka obyek tersebut hanya menjadi suatu pajangan belaka dan tidak berfungsi. Sehingga jika dihubungkan maka sasarannya adalah sumber daya manusia (SDM), Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Terapan  (SDT)
Indahnya Gunung Meja dari Puncak Uniflor

Misalnya  lokas-lokasi  wisata. Sekalipun  pemandangannya indah namun bila tidak diperkenalkan dan diberdayakan serta dibuat beberapa even, maka tempat tersebut hanyalah sebuah hiasan semata.
Demikian juga dengan seorang manusia yang juga terkategori sebagai obyek. Sekalipun pintar, hebat, memiliki skill namun jika tidak memanfaatkan SDM-nya maka segala kehebatannya hanyalah ornament semata.
Sehingga tidaklah salah jika kita memanfaatkan segala potensi yang ada agar bermanfaat dalam hidup dan  kehidupan. Bermanfaat bagi diri sendiri, bermanfaat bagi orang lain dan bermanfaat bagi alam dan lingkungan.


OLEH ; IKSAN D

3 komentar:

  1. Ende... Surga yang masih tertidur ☺️ faktor transportasi aja yg menghambat, kalau lancar dan relatif terjangkau saya akan senang sekali kalau bisa ke Ende lagi. Salam 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya..begitulah sarana transportasi di wilayah timur. Tapi untuk saat ini Alhamdulillah setidaknya sedikt mulai ada perhatian

      Hapus
  2. Setuju sekali dengan tulisan ini om Ihsan hehe.

    BalasHapus