Sabtu, 24 November 2018

MUARA KALI WOLOWONA JUGA INDAH


Saya mencoba membongkar-bongkar kembali  galeri foto yang ada di samrtphone dan  kembali menemukan sebuah foto yang diambil dua bulan lalu  tepatnya hari sabtu, 29 September 2018. Saat itu akan dilaksanakan kegiatan bersama mahasiswa untuk membersihkan Pantai Nanganesa. Sekitar pukul 7.30  sambil menunggu rombongan mahasiswa  lain  yang masih dalam perjalanan terlihat sebuah view yang indah menurut saya. “maaf mungkin bagi yang lain tidak indah menurut pandangannya”.

Saya mencoba untuk memanfaatkan smartphone jadul saya untuk mengabadikan view tersebut dan setelah dilihat pada galeri, wah!!…ternyata indah juga pemandangannya di pagi hari. Pandangan yang tanpa ada halangan apapun dan didepannya terlihat indahnya ombak yang bergulung-gulung menhhempaskan dirinya di bibir pantai Nanganesa sehingga menambah daya tarik sendiri .”sekali lagi maaf ini menurut saya”.

Dan itulah kuasanya Tuhan yang selalu selalu memberikan nikmat yang tiada tara kapanpun dan dimanapun.  Dengan memberikan pemandangan alam yang indah Ia menunjukan bahwa semua tempat memiliki potensi yang bisa dimanfaatkan melalui daya dan upaya khalifanya di muka bumi.

Lokasinya bernama Muara Kali Wolowona dan tepat berada di pinggir jalan flores yang berada dalam wilayah  administrasi Desa Nanganesa Kecamatan Ndona Kabupaten Ende. Sekilas muara kali wolowona memang terlihat biasa saja namun semakin lama berada di tempat tersebut semakin jelas indahnya pemandangan dengan latar belakang gunung meja.


Muara yang menuju ke pantai nanganesa ini  bersebelahan dengan Nangawitu beach yang saat ini sudah dijadikan salah satu obyek wisata Kota Ende.   Namun sayang muara yang indah ini belum tertata dengan baik seperti di Nangawitu Beach sehingga belum menarik minat bagi wisatawan lokal maupun asing.

Harapannya mudah-mudahan suatu saat PEMDES setempat bisa memanfaatkan lokasi ini sebagai salah satu obyek wisata. Tentu efek positifnya akan menjadi salah satu sumber pendapatan desa sehingga bisa  menambah PAD Desa-nya dengan menata Muara Kali Wolowona lebih baik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar