Kamis, 22 November 2018

NGEBLOG SAMA JUGA MEMBUMIKAN LITERASI



Setelah sekian lama tidak aktif di blogspot kali ini saya kembali hadir dengan blog  baru yang boleh dikatakan reinkarnasi dari akun blogspot yang lama. Memang selama ini saya lebih aktif di platform tetangga sebelah namun ada rasa rindu untuk kembali membuat situs di blogspot. Memang tampilan blog ini masih sederhana dan jauh dari image professional.  Tapi dengan spirit trial and eror konten yang akan ditampilkan tentu masih seputar  kehidupan social budaya.
Ada yang bertanya, kenapa hobi ngeblog?.

Ngeblog bukan hanya sekedar hobi semata tapi sebagai spirit untuk membumikan literasi. Meskipun banyak tujuan bagi para bloger dalam ngeblog namun disisi lain terkandung nilai literasi melalui dunia digital karena didalamnya terdapat aktifitas berliterasi entah itu disadari atau tidak oleh para bloger.

Memang banyak pengertian tentang literasi namun secara umum literasi dapat dikatakan sebagai kemampuan untuk mengola simbol-simbol yang ditangkap oleh indra manusia dan diekspresikan melalui membaca dan menulis.

Membaca  dan menulis pada  sebuah blog adalah sebuah ekspresi literasi itu sendiri. Persoalan ketika suatu konten blog diposting apakah ada yang berkomentar atau tidak mungkin tergantung bagaimana strategi meramaikan blognya.

Sebenarnya tidak masalah dengan coment meskipun itu diharapkan oleh setiap bloger. Akan tetapi hal yang terpenting adalah sudah ada semangat berliterasi sehingga  justru yg tidak boleh dilupakan itu adalah proses literasinya itu sendiri.

Proses literasi dalam blogging adalah menemukan ide, mengkaitkan ide tersebut dengan ide lain yg pernah diperoleh, melakukan analisis yg lebih dalam, hingga kreatif dalam menemukan bagaimana ide tersebut akan dituliskan. Bisa jadi, beberapa pendapat orang ada benarnya bahwa nge-blog itu sulit. Bagaimana tidak? perjalanan ide dari hulu, untuk kemudian bertransformasi dalam bentuk tulisan, hingga konsisten melakukan proses ide plus pengolahan   tulisan. Sehingga 

sebagai bloger amatir tentu segala koreksi, komentar dan kritikan menjadi asa tersendiri agar bisa memperbaiki blog ini sedikit kearah yang lebih baik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar